PENGEMBANGAN SISTEM TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI DASAR KEJURUAN SISWA SMK

Samsul, Hadi and K. Ima, Ismara, M.Pd, M.Kes and Dr. Ir. Effendie, Tanumihardja, SU MM (2015) PENGEMBANGAN SISTEM TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR KOMPETENSI DASAR KEJURUAN SISWA SMK. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA TAHUN 3.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS TAHUN 3.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN HB TAHUN 3 SAMSUL_HADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengembangkan sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan, b) mengetahui kinerja sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK, dan mengetahui dampak sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tahun ketiga dari tiga tahun yang direncanakan. Penelitian ni menggunakan pendekatan penelitian Research and Development perangkat lunak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model modifikasi linear sequential yang disebut juga sebagai classic life cycle atau model waterfall yang memiliki 4 langkah. Langkah terakhir yaitu evaluasi pemanfaatan sistem, dilaksanakan pada tahun ketiga untuk melihat dampak sistem tes diagnostik diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK. Penelitian dilakukan di 4 SMK Negeri di D.I. Yogyakarta pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dengan melibatkan 98 siswa dan 77 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) menurut siswa manfaat sistem tes diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan siswa SMK mempunyai kategori baik, sedangkan menurut guru manfaat tersebut mempunyai kategori sangat baik. 2) Menurut siswa dampak penerapan sistem tes diagnostik kesulitan belajar kompetensi dasar kejuruan termasuk kategori baik, sedangkan menurut guru dampak tersebut termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2015
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, kompetensi dasar kejuruan, SMK, tes diagnostik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jul 2016 05:02
Last Modified: 12 Jul 2016 05:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36135

Actions (login required)

View Item View Item