LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman

Erma Kusumawardani, Erma Kusumawardani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu Erma K.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah menerapkan barbagai kemampuan profesional kegiatan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus – 11 September 2015 di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta. Setelah melakukan observasi lapangan, melakukan koordinasi persiapan dan diskusi. Tim PPL dan pekerja sosial di BBPPKS menyepakati dua progam PPL yang relevan dengan kompetensi mahasiswa PLS dan program – program yang ada di BBPPKS. Yaitu program desain program bimbingan teknis yang berkaitan dengan program setting masyarakat di bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Dan manajemen diklat yang berkaitan dengan program penyelenggaraan diklat di bidang penyelenggara diklat. Secara umum, pelaksanaan program PPL berjalan dengan lancar, meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dalam proses pelaksanaannya. Namun, berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak terutama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan instruktur serta kerja keras tim yang selalu menjaga kekompakan sehingga kami dapat menyelesaikan rangkaian program yang telah kami susun. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Desain Program, Manajemen Diklat
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item View Item