Pengembangan Modul Sains dengan Media Pembelajaran Gamelan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP

Nursulistiyo, Eko (2012) Pengembangan Modul Sains dengan Media Pembelajaran Gamelan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-nursulistiyo-09708251008.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sains dengan media pembelajaran gamelan pada materi getaran, gelombang, dan bunyi, mengetahui kualitasnya, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan aplikasi konsep sains antara peserta didik yang menggunakan modul sains dengan media pembelajaran gamelan dengan yang tidak. Alat musik gamelan yang dieksplorasi dan kemudian digunakan dalam modul ini adalah musik siter, kenong, kendang dan saron. Penelitian pengembangan ini menggunakan model SPUD (Studi pendahuluan, Pengembangan, Uji lapangan, dan Diseminasi) tanpa melakukan proses diseminasi. Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan uji lapangan. Dalam proses pengembangan dilakukan uji ahli oleh 2 ahli materi dan media, 1 guru mata pelajaran sains, dan 2 teman sejawat. Uji lapangan dilakukan dalam 3 tahap yaitu uji lapangan awal kepada 10 peserta didik, uji lapangan utama kepada 32 peserta didik, dan uji lapangan operasional terhadap 65 peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP N 3 Sleman Yogyakarta kelas VIII dengan responden sebanyak 65 peserta didik yang terdiri atas 33 orang pada kelas eksperimen dan 32 orang pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah lembar penilaian modul sains, soal tes, angket kemandirian belajar, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, tes, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) alat musik siter dalam gamelan dapat digunakan untuk menjelaskan konsep getaran, alat musik kendang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep bunyi berasal dari getaran, alat musik kenong dapat digunakan untuk menjelaskan kuat-lemah bunyi, alat musik saron dapat digunakan untuk menjelaskan konsep tinggi-rendah bunyi. Hal ini dituangkan dalam praktikum yang ada pada setiap bab yang ada di dalam modul; (2) hasil validasi ahli materi dan media, guru sains, teman sejawat, uji lapangan awal, dan uji lapangan utama pada komponen materi, tujuan, metode, evaluasi, sistematika, kemenarikan, dan kerincian berdasarkan data dengan skala Likert berada pada kategori “Baik”. Kualitas modul yang dihasilkan secara umum “Baik” berdasarkan uji ahli materi dan media, teman sejawat, guru, uji lapangan awal, dan uji lapangan utama. Modul layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMP kelas VIII; dan (3) modul pembelajaran sains dengan media pembelajaran gamelan pada materi getaran, gelombang, dan bunyi mampu meningkatkan pemahaman dan aplikasi konsep siswa SMP. Nilai rata-rata gain skor untuk kelas eksperimen adalah 43,15 dan untuk kelas kontrol adalah 34,06. Berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test diperoleh nilai probabilitas 0,003. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gain-score yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji paired sample t-test pada kelas eksperimen memperlihatkan nilai probabilitas 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test pada kelas eksperimen. Pemahaman konsep dan aplikasi konsep siswa di kelas eksperimen meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gamelan, modul sains, pemahaman konsep, aplikasi konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36116

Actions (login required)

View Item View Item