LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI : SMP NEGERI 4 SLEMAN

Saras Bayu Jatmiko, Saras Bayu Jatmiko (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI : SMP NEGERI 4 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dimana mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan sampai semester 6 diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan PPL di sekolah yang telah disediakan. Syarat lain untuk mengikuti kegiatan PPL adalah harus sudah lulus dalam mata kuliah micro teaching dimana perkuliahan tersebut adalah perkuliahan yang mengajarkan serta membimbing mahasiswa untuk menjadi guru yang baik dari segi cara mengajar maupun cara menyikapi siswa. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, SMP Negeri 4 Sleman memiliki fasilitas yang memadai sehingga mahasiswa PPL menyusun berbagai program kerja sebagai usaha penyempurnaan dari kondisi yang sudah ada. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 4 Sleman dilaksanakan mulai dari 10 Agustus - 12 September 2015. Program utama dalam PPL yaitu kegiatan praktek mengajar dilakukan dengan persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran adalah hal yang mencakup pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan materi, pembuatan media pembelajaran, dan beberapa administrasi mengajar yang lain. Kegiatan mengajar dilaksakan setelah menonsultasikan rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan praktek mengajar yang dilaksanakan penulis di kelas VII B, VII D, dan VIII D secara umum berjalan lancar dan tidak menemui kendala yang berarti. Dari kegiatan PPL ini, penulis mampu menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama belajar di bangku perkuliahan UNY. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah penulis mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Penulis telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi penulis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pengalaman, praktik mengajar, proses
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 02:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36086

Actions (login required)

View Item View Item