Hidayat Hikmah Hartanto, Hidayat Hikmah Hartanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HIDAYAT HIKMAH H.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai seorang calon guru atau tenaga kependidikan yang ikut berperan aktif membangun bangsa agar semakin baik. Dalam pelaksanaan PPL 2015 di SD N Karangjati, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan non kependidikan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 6 kali yang dilaksanakan pada tanggal 19, 21, 25, 27, 28 Agustus 2015 dan 3 September 2015 dan ujian praktik mengajari sebanyak 1 kali yang dilaksanakan tanggal 9 September 2015. Praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan dan pembuatan media, pelaksanaan pembelajaran, persiapan lapangan, pembuatan stimulus berupa piala dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian mengajar. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL 2015 Universitas Negeri Yogyakarta di SD Negeri Karangjati secara umum berjalan dengan lancar dan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala dan masalah yang dihadapi, akan tetapi secara umum semuanya dapat terselesaikan dengan lancar dan baik. Karena berkat dukungan teman-teman seperjuangan, guru, bapak kepala sekolah, dosen pamong dan dosen pembimbing lapangan yang senantiasa memberikan dukungan, memberikan banyak waktunya untuk berdiskusi bagaiamana masalah yang dihadapi dan bagaimana menemukan solusi terbaik sehingga baik dalam kegiatan terbimbing dan non terbimbing dapat memberikan yang terbaik
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri, Ujian Praktik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 02:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |