LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PERCOBAAN 3 JL. KALIURANG KM 17, SUKUNAN, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA

Selly Arista Putri, Selly Arista Putri (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PERCOBAAN 3 JL. KALIURANG KM 17, SUKUNAN, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244034-SELLYARISTAPUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang pendidikan diantaranya manajerial dan pembelajaran di sekolah, melatih dan mengembangkan kemampuan profesionalismenya, memberikan kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya. SDN Percobaan 3 ditunjuk sebagai salah satu mitra kerja PPL oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi tujuan PPL pada tahun 2015. Jumlah siswa di SDN Percobaan 3 ada 360 siswa yang terdiri atas siswa kelas 1 sampai kelas 6. Kelas 1 terdiri atas 65 siswa, kelas 2 terdapat 64 siswa, kelas 3 terdiri atas 62 siswa, kelas 4 terdiri atas 57 siswa, kelas 5 terdiri atas 58 siswa dan kelas 6 terdiri atas 64 siswa. Pihak UNY telah menempatkan 10 mahasiswa PGSD untuk melakukan PPL di SDN Percobaan 3. Metode yang digunakan untuk menulis laporan ini antara lain melalui observasi, pengajaran mikro dan PPL. Observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran di SD selama 1 hari. Data yang telah diperoleh kemudian dipergunakan oleh mahasiswa sebagai belakal dalam melakukan pembelajaran mikro di Kampus FIP UNY dengan bimbingan dosen. Pembelajaran mikro telah dilakukan selama 6 kali pertemuan dan dibekali masukan-masukan penting tentang pembelajaran dari dosen. Metode yang digunakan selanjutnya yakni Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SDN Percobaan 3 mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam pelaksanaannya meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Praktik mengajar terbimbing dilakukan sebanyak 4 kali. Praktik mengajar terbimbing dilakukan pada tanggal 19, 22 Agustus dan 1, serta 3 September 2015. Selama praktik mengajar terbimbing, mahasiswa mendapat umpan balik dari guru pembimbing yang bertujuan untuk memberikan masukan dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran maupun dalam proses kegiatan belajar-mengajar serta kemampuan dalam hal pengelolaan kelas. Ujian praktik mengajar dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada tanggal 2 September 2015 di kelas IV B dan 7 September 2015 di kelas I A. Ujian praktik merupakan proses akhir dari program PPL di SDN Percobaan 3. Secara keseluruhan program PPL di SDN Percobaan 3 berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi, namun adanya kerjasama yang kuat antar mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, bimbingan dan arahan dari guru dan dukungan dari sekolah terutama para siswa tentu sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan PPL mahasiswa PGSD di SDN Percobaan 3
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 02:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36070

Actions (login required)

View Item View Item