LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PERCOBAAN 3 JL. KALIURANG KM 17, SUKUNAN, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA

Agma Dian Kartika, Agma Dian Kartika (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PERCOBAAN 3 JL. KALIURANG KM 17, SUKUNAN, PAKEMBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108241132-AGMA DIAN KARTIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau disingkat PPL merupakan mata kuliah praktik pengalaman kerja di sekolah. PPL ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa pengalaman untuk menghadapi dunia kerja kelak. Melalui PPL diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilanna terutama keterampilan kompetensi yang diperlukan dibidangnya. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa UNY dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Lokasi yang digunakan untuk kegiatan PPL adalah SD Negeri Percobaan 3 yang terletak di Jl Kaliurang km 17, Sukunan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing dan praktik ujian mengajar di kelas 2, 3, 4 dan 5. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu 2 kali kelas atas, 2 kali kelas bawah. Sedangkan pelaksanaan ujian mengajar 2 kali (satu kelas atas, satu kelas bawah). Sebelum mahasiswa mengajar, mahasiswa mempersiapkannya dengan melakukan observasi dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengkonsultasikan RPP kepada guru pembimbing, kemudian setelah selesai mengajar mahasiswa melakukan kegiatan evaluasi berupa konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Selain praktik mengajar secara terjadwal, mahasiswa PPL juga beberapa kali menggantikan guru mengajar di kelas karena guru kelas bersangkutan ada halangan sehingga tidak bisa mengajar. Setelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa SD Negeri Percobaan 3 mempunyai kesungguhan belajar yang baik, terbukti dengan tingkat keaktifan siswa ketika diberi pelajaran. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Percobaan 3 maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. Dalam mewujudkan output yang baik, maka pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, kualitas guru yang baik, menjalin hubungan yang baik antar personal, melengkapi sarana dan prasarana serta tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, observasi, praktik mengajar, SD Negeri Percobaan 3
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36068

Actions (login required)

View Item View Item