Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA BI) Berbasis Kurikulum dari Irlandia

Rustiningsih, Dina (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (R-SMA BI) Berbasis Kurikulum dari Irlandia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dina-rustiningsih-10708259026.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan perangkat pembelajaran R-SMA BI melalui adaptasi dan adopsi terhadap kurikulum kimia dari Irlandia; (2) mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan; (3) mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran hasil pengembangan; serta (4) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran hasil pengembangan ditinjau dari aspek sikap ilmiah dan tingkat pemahaman konsep. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dan mengikuti langkah-langkah tertentu untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah tersebut mengikuti model 4-D yang dimodifikasi, sehingga dalam penelitian ini hanya memuat proses 3-D yaitu define (definisi), design (perancangan), dan develop (pengembangan) tanpa disseminate (diseminasi). Hasil pengembangan menunjukkan (1) pengembangan perangkat pembelajaran Kimia melalui adaptasi dan adopsi terhadap kurikulum dari Irlandia dapat dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan KTSP untuk R-SMA BI; (2) kualitas perangkat pembelajaran hasil adaptasi dan adopsi kurikulum kimia untuk R-SMA BI terhadap kurikulum dari Irlandia yang terdiri atas Hasil Pengayaan KTSP, Silabus, RPP, LKPD, dan Media Pembelajaran termasuk dalam kategori “Baik” dan “Sangat Baik”; (3) RPP hasil pengembangan dapat diterapkan dan mempunyai tingkat keterlaksanaan “Sangat Baik”; serta (4) perangkat pembelajaran hasil pengembangan efektif untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep Kimia Lingkungan (Air) dengan rata-rata tingkat pemahaman termasuk dalam kategori “Baik”, dan efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik (dengan peningkatan 46,8%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran kimia, kurikulum kimia Irlandia, adaptasi, adopsi, R-SMA BI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2016 09:43
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36038

Actions (login required)

View Item View Item