Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA

Susanti, Dewi Nur (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-nur-susanti-10708251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang berkualitas sehingga layak digunakan untuk pembelajaran biologi kelas XI SMA materi sistem reproduksi pada manusia sub bab kehamilan dan pemberian ASI; (2) mengetahui tanggapan peserta didik selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan; (3) mengetahui kemandirian belajar peserta didik selama menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan; (4) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang mengacu pada model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan model 3-D meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian produk dilakukan oleh seorang ahli materi, seorang ahli media, dua guru biologi dan tiga teman sejawat. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA N 2 Wates Kulon Progo, dengan rincian sembilan peserta didik untuk uji coba terbatas, dan 27 peserta didik untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket, lembar observasi, dan lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi dan media berkategori sangat baik. 2) Tanggapan peserta didik yaitu setuju untuk menggunakan media pembelajaran biologi berbantuan komputer hasil pengembangan. 3) Kemandirian belajar peserta didik berdasarkan angket kemandirian belajar pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan berkategori sedang. Sedangkan berdasarkan hasil observasi kemandirian belajar persentase ketuntasan kemandirian belajar peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan sebesar 77,78% dan 81,18%. 4) Terjadi peningkatan hasil belajar kategori tinggi dengan rerata skor gain sebesar 0,70, dan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 85,18%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi berbantuan komputer materi sistem reproduksi pada manusia hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA 2 Wates Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, sistem reproduksi, kemandirian, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2016 09:35
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36037

Actions (login required)

View Item View Item