Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo

Evitasari, Atika Dwi (2012) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atika-dwi-evitasari-10708251009.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar berbasis modul pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa; 2) mengetahui kelayakan modul berdasarkan ahli materi, ahli media, guru biologi, dan teman sejawat; 3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa; dan 4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan definition, design, development, dan dissemination. Penelitian ini hanya sampai tahap development, tahap dissemination tidak dilaksanakan. Kelayakan modul divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, dua guru biologi, dan tiga teman sejawat ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafikan. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Wates yang berjumlah 41 siswa dengan rincian: sembilan siswa untuk uji coba terbatas dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes (pretes dan postes). Masukan terhadap modul hasil pengembangan pada tahap uji coba terbatas digunakan sebagai dasar perbaikan modul pada uji coba pada tahap selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul memiliki karakter self instructional yang terdiri dari pendahuluan, materi pencemaran lingkungan, petunjuk penggunaan modul, bagian tugas individu, proyek biologi, rangkuman, evaluasi, tes formatif, umpan balik dan refleksi, glosarium, daftar pustaka, dan lembar jawab evaluasi. Ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafikan menurut ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran biologi, dan teman sejawat secara umum masuk dalam kategori “amat baik”. Respon siswa terhadap modul pencemaran lingkungan masuk dalam kategori “amat baik”. Peningkatan kemandirian belajar masuk dalam kategori sedang dengan nilai gain score sebesar 0,49 dan ketuntasan kemandirian belajar sebesar 81,25%. Peningkatan hasil belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan nilai gain score sebesar 0,71 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 84,38%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul materi pencemaran lingkungan hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Wates.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, pencemaran lingkungan, kemandirian belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2016 09:27
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36036

Actions (login required)

View Item View Item