EVALUASI DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GURU KELAS/AGAMA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Agus Susworo DM, M. Pd (2006) EVALUASI DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GURU KELAS/AGAMA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Hari_Amirullah_Rachman.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis dan komprehensif efektivitas dan efisiensi program pemberdayaan guru kelas/agama dalam matapelajaran penjas di DIY. Sampel yang digunakan adalah guru kelas/agama peserta program pemberdayaan berjumlah 160 Orang, Kepala Dinas Pendidikan di 5 Kabupaten/ Kota, Kepala LPMP Provinsi DIY, Kepala Sekolah di mana guru mengajar, serta Pengawas Sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain des¬kriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan ClPP (Context, Input, Proses, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan kuesioner. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa: Pertama, me¬lanjutkan program pemberdayaan guru kelas/agama dalam matapelajaran penjas. Kedua, pengembangan PPPG Penjas untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran penjas. Ketiga, penegasan kebijakan nasional bahwa pendidikan jasmani dan olah¬raga merupakan bagian kurikulum yang wajib bagi semua siswa untuk setiap jenjang pendidikan, sejak SD hingga PT, dan kelang¬sung¬an penyelenggaraannya didukung oleh infrastruktur penjaskes yang cukup memadai, termasuk dukungan perangkat keras (media be¬lajar) dan perangkat lunak (kurikulum, buku pegangan dan PBM) sebagaimana perhatian terhadap matapelajaran lainnya. Keempat, KKG Penjas perlu mendapat perhatian khusus dengan me¬ngem¬bang¬kan berbagai macam program pemberdayaan KKG yang di¬tujukan bagi peningkatan mutu pembelajaran penjas. FIK, 2006 (PEND. KEPELATIHAN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:38
Last Modified: 06 Aug 2012 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item