LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK

Dewi Puspitasari, Dewi Puspitasari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan ppl dewi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan suatu program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama kuliah di UNY. Dalam hal ini warga sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Pelaksanaan program PPL di SMP Negeri 2 Ngemplak meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pendampingan ekstrakulikuler, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Praktik mengajar mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII C dan Pengembangan Diri kelas VIII dengan alokasi waktu 2x40 menit dan 1x40 menit untuk setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 2 Ngemplak adalah masalah pengelolaan kelas . Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35939

Actions (login required)

View Item View Item