LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI

Nurul Kholifa, Nurul Kholifa (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurul Kholifa 12804244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Mlati yang beralamat di Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Mlati, praktikan mengajarkan materi Ekonomi kelas X A, X B, X C dan X D semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Mlati yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Mlati, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X A, X B, X C dan D. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke-7, 8; hari Selasa jam ke-1, 3, 5 dan 8; dan hari Sabtu jam ke-1, 2, 3, 4, 7, 8. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Program yang telah tercapai yaitu Pembuatan Perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, praktek mengajar, evaluasi/pelaksanaan ulangan harian, dan pembuatan laporan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35925

Actions (login required)

View Item View Item