LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 NGAGLIK

Agung Kusuma Wardhana, Agung Kusuma Wardhana (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 NGAGLIK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AGUNG_K_WARDHANA_FIS_P.IPS_12416241058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan ( PPL ) merupakan usaha yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai kegiatan latihan kependidikan mahasiswa melalui mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL ini mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan tenaga pendidik dalam hal ini guru yang meliputi kegiatan praktek mengajar atau kegiatan yang mendukung pembelajaran lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dan mengaplikasikan kemampuannya sebelum masuk ke dunia kependidikan yang sebenarnya. Kegiatan pendidikan tidak hanya dilakukan dengan penjelasan dalam kelas saja, tetapi pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1). Oleh karena itu pendidikan tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan dan pelaksanaan yang baik, dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional dan sesuai dengan cita-cita bangsa. Pelaksanaan di sekolah merupakan tempat yang paling tepat untuk merealisasikan program PPL tersebut karena mahasiswa dapat merasakan lingkungan pendidikan yang nyata. Dalam pelaksanaan PPL di SMP N 4 Ngaglik terdiri dari 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2 Mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa, 2 Mahasiswa dari Jurusan Pendidikan IPS , 2 mahasiswa dari jurusan Bimbingan dan Konseling, dan 2 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Jul 2016 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35873

Actions (login required)

View Item View Item