LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARUKMO 1 SLEMAN

Desi Hartati, Desi Hartati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARUKMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desi Hartati_11401244032_Pendidikan Kewarganegaraan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Progrma Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu caramengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru ataupendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitumasyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupunkegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkandapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa,terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMKPI AMBARRUKMO 1 Slemanberalamat di Jalan Cinderawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung daritanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukanpraktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X AP 1, X AP 2,XI AP 1,XI AP 2 XII AP 1, dan XII AP 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL,dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitupersiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yangdilaksanakan pada tanggal Februari 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, soal tugas harian 1 dan 2, kuncijawaban, dan analisis butirsoal. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasiproses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal Februari 2015,kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 18 Agustus - 10 September 2015 yaitudi kelas X AP 1, X AP 2, XI AP 1,XI AP 2,XII AP 1,dan XII AP 2. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untukmenjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang manapada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar,bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 08:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item