LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN

Deri Wahyu Nugroho, Deri Wahyu Nugroho (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deri Wahyu Nugroho_12204241002_Pendidikan Bahasa Perancis.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembekalan pengajaran mikro merupakan salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro, ditujukan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktik pengajaran mikro dan praktik pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktik mengajar (Real Teaching) di sekolah dalam program PPL. Praktik mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktik terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman beralamat di Jalan Cinderawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015.praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Bahasa Perancis untuk kelas XAP1, XAP2, XIAP1, XIAP2. Untuk hal ini praktikan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam bentuk tatap muka di depan kelas. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswanya yang masih kurang paham terhadap materi yang diberikan, karena kurang bahan rujukan untuk belajar, sehingga ketika pengambilan penilaian masih ada yang belum memenuhi KKM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK PI AMBARRUKMO 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item