LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN

Alex Boy Triantony Silalahi, Alex Boy Triantony Silalahi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alex Boy Triantony Silalahi_12301249001_Pendidikan Matematika.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman beralamat di Jalan Cendrawasih No. 125, Mancasan Lor, Depok, Sleman, DIY dan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Matematika kelas X AP 1, X AP 2, XII AP 1, dan XII AP 2. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2015, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, soal tugas individu dan kelompok, kunci jawaban, dan skor untuk setiap soal. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015, kegiatan praktik mengajar terbimbing dilakukan tanggal 18 Agustus - 10 September 2015 yaitu di kelas X AP 1, X AP 2, XII AP 1, dan XII AP 2. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Matematika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK PI Ambarrukmo 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35819

Actions (login required)

View Item View Item