PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS KAIN FLANEL SISWA TUNAGRAHITA KLASIFIKASI SEDANG KELAS II SMA DI SLB C WIYATA DHARMA 2 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Linda Dwi, Arum Sari (2014) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS KAIN FLANEL SISWA TUNAGRAHITA KLASIFIKASI SEDANG KELAS II SMA DI SLB C WIYATA DHARMA 2 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
09103244013_LINDA DWI ARUM SARI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil pembelajaran keterampilan membuat bros kain flanel pada siswa tunagrahita klasifikasi sedang kelas II SMALB di SLB C Wiyata Dharma 2 Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu guru dan empat siswa kelas II SMALB di SLB C Wiyata Dharma 2 Tempel Sleman Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian dimulai dari tanggal 13 Mei 2014 sampai dengan 13 agustus 2014. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi dengan membandingkan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan keterampilan membuat bros kain flanel bekal bekerja dengan materi membuat bros kain flanel. Pembelajaran secara terperinci diberikan selangkah demi selangkah dengan contoh dari guru, kemudian siswa mempraktekan. Sarana prasarana yang digunakan diantaranya kain flanel, gunting, pola gambar, lem tembak, peniti bros. evaluasi yang digunakan dengan lisan dan hasil produk. Hasil pembelajaran menunjukkan subjek I baik, kemampuan membuat bros cukup baik dan hasil karya sesuai dengan pola gambar. Subjek II baik, kemampuan membuat bros masih memerlukan bantuan dari guru dan hasil karya cukup sesuai dengan pola gambar. Subjek III baik, kemampuan memmbuat bros cukup bisa tetapi masih memerlukan bantuan dari guru, hasil karya cukup sesuai dengan pola gambar tetapi masih kurang bagus. Subjek IV baik, kemampuan membuat bros baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 09:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35785

Actions (login required)

View Item View Item