PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATERI USAHA DAN ENERGI BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Viana, Ratna Very (2016) PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATERI USAHA DAN ENERGI BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan untuk penilaian hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor (2) Mengetahui respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan sistem assessment berbasis media audio visual. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA N 1 Prambanan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2015 di SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4D, yakni Defining, Designing, Developing and Disseminating. Instrumen dalam penelitian ini yaitu RPP, LKPD, Rubrik, Angket Validasi Instrumen, Lembar Pengamatan (Observasi) dan Angket Respon Pengguna. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, uji validitas dan reliabilitas butir soal, tingkat hasil belajar peserta didk dan tingkat kegunaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan produk sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan untuk penilaian hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor, (2) Respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan sistem assessment berbasis media audio visual pada uji coba terbatas diperoleh nilai 4,31 dan 3,92 dan masuk kaStegori sangat baik dan baik. Untuk respon peserta didik dan respon observer pada uji lapangan diperoleh nilai 4,22 dan 3,92 serta masuk dalam kategori sangat baik dan baik. Hal ini mengidentifikasikan bahwa sistem assessment berbasis media audio visual yang dikembangkan dapat diterima oleh peserta didik dan observer. Kata Kunci: Assessment, Materi Usaha dan Energi, Media Audio Visual, SMA Negeri 1 Prambanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:45
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35764

Actions (login required)

View Item View Item