PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERUPA PETA KONSEP FISIKA UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Wibawati, Nurrohmah (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERUPA PETA KONSEP FISIKA UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan instrumen penilaian peta konsep fisika untuk mengukur struktur kognitif peserta didik kelas X SMA, dan (2) mendeskripsikan struktur kognitif peserta didik kelas X SMA pada materi elastisitas bahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu: (1) tahap pendahuluan; (2) tahap pengembangan; (3) tahap evaluasi. Tahap pendahuluan merupakan tahap awal untuk mengumpulkan informasi dan menemukan permasalahan. Tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal produk untuk menghasilkan produk hipotetik. Pada tahap ini dilakukan uji kelayakan instrumen untuk memperoleh nilai validitas isi oleh penilaian ahli yang diubah menjadi kategori kualitatif dan uji reliabilitas instrumen pada uji terbatas di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Ngaglik (31 peserta didik). Tahap evaluasi dilakukan dengan mengimplementasikan produk pada pembelajaran riil uji coba secara luas di kelas X MIPA 1 (29 peserta didik) dan X MIPA 4 (32 peserta didik) SMA Negeri 2 Ngaglik untuk mengetahui gambaran strutur kognitif peserta didik. Tahap ini dilanjutkan dengan sosialisasi produk instrumen penilaian peta konsep di SMA Negeri 1 Pakem dan SMA Negeri 1 Prambanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen penilaian peta konsep yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan kategori validitas isi oleh penilaian ahli dengan hasil rata-rata untuk master map 3,2 (baik), kisi-kisi instrumen penilaian 3,5 (sangat baik), soal peta konsep 3,4 (baik), lembar jawab peta konsep 3,3 (baik), rubrik penilaian peta konsep 3,5 (sangat baik), modul pelatihan pembuatan peta konsep sebesar 3,4 (baik), perangkat pembelajaran sebesar 3,4 (baik), dan respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,93 (baik) serta respon guru sebesar 0,93 (baik). Reliabilitas instrumen penilaian peta konsep sudah memenuhi kriteria reliabel dengan nilai ICC sebesar 0,97 (istimewa) dan nilai alpha sebesar 0,99 (istimewa), (2) Instrumen penilaian peta konsep dapat mengukur struktur kognitif peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 SMA N 2 Ngaglik dengan deskripsi keadaan 86,9 % termasuk kategori A yang berarti sangat baik/tinggi, 9,8 % termasuk kategori B yang berarti baik dan 3,3 % termasuk kategori C yang berarti cukup. Kata-kata kunci: instrumen penilaian peta konsep, struktur kognitif, elastisitas bahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:45
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35738

Actions (login required)

View Item View Item