Keefektifan Kinerja Guru Sains dalam Mengimplementasikan KTSP di SMP/MTs Negeri se-Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa

Dwiyani, Aryanti (2012) Keefektifan Kinerja Guru Sains dalam Mengimplementasikan KTSP di SMP/MTs Negeri se-Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aryanti-dwiyani-10708251007.swf

Download (72MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kinerja guru sains dalam mengimplementasikan KTSP di SMP/MTs negeri se-Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa ditinjau dari: a) kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran; dan b) kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan populasi seluruhnya 26 guru sains SMP/MTs negeri se-Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Populasi sekolah dan guru sains dalam penelitian ini menggunakan teknik population sampling/sensus. Kepala sekolah, guru sains teman sejawat dan peserta didik terpilih memberikan penilaian terhadap kinerja guru sains. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan review dokumen. Data dari lembar angket, observasi, dan review dokumen yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sains dalam mengimplementasikan KTSP di SMP/MTs negeri se-Kecamatan Sumbawa dalam kategori baik. Kompetensi pedagogik menurut kepala sekolah, guru sains teman sejawat dan peserta didik masing-masing menunjukkan hasil sebagai berikut: menurut kepala sekolah 50% sangat baik, 46,15% baik, dan 3,85% cukup baik; menurut guru sains teman sejawat 46,15% sangat baik, 50%, baik dan 3,85% cukup baik; dan menurut peserta didik sangat baik 19,23%, 76,92% baik dan 3,85% cukup baik. Kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran di kelas 19,23%, sangat baik, 76,92 % baik dan 3,85% cukup baik, dan dalam penilaian pembelajaran 69,23% sangat baik, 26,92% baik, dan 3,85% cukup baik. Adapun pada kompetensi profesional menurut kepala sekolah menunjukkan hasil 34,62% sangat baik, 53,85% baik dan 11,54% cukup baik; menurut guru sains teman sejawat 46,15% sangat baik, 50% baik dan 3,85% cukup baik; dan menurut peserta didik menunjukkan hasil sangat baik 46,15%, baik 50% dan 3,85% cukup baik. Secara keseluruhan, kinerja guru sains SMP/MTs negeri se-Kecamatan, Kabupaten Sumbawa dalam mengimplementasikan KTSP adalah baik/efektif. Kinerja guru pada kompetensi pedagogik dan profesional secara tidak langsung dipengaruhi oleh kualifikasi akademik dan masa kerja guru sains.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru sains, KTSP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35647

Actions (login required)

View Item View Item