LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL III) DI SLB YAPENAS

Rizta Santani, Rizta Santani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL III) DI SLB YAPENAS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZTA SANTANI_LAPORAN INDIVIDU PPL II.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu teoritis yang telah dipelajari di universitas. PPL juga melatih mahasiswa untuk menguasai kemampuan dalam mengajar secara langsung. Melalui kegiatan PPL mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menjadi guru professional setelah lulus menempuh pendidikan di universitas. Pelaksanaan PPL bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa dibagi menjadi 2, yaitu PPL I dan PPL 2. PPL I digunakan untuk melakukan observasi dan assesmen terhadap kondisi subyek yang diamati. Sedangkan PPL 2 dilaksanakan dengan menerapkan program yang telah dibuat berdasarkan hasil asesmen pada PPL I. Kegiatan PPL 2 berlokasi di SLB Yapenas Unit II. Pelaksanaan kegiatannya yaitu pada tanggal 10 Agustus-12 September 2015. PPL 2 diisi dengan kegiatan mengajar di kelas sesuai dengan program yang telah dibuat. Program yang dibuat ada dua yaitu Rencana Program Pembelajarn (RPP) dan Rencana Pembelajaran Individu (RPI). Rencana/Program Pembelajaran Individu ini diprogram secara khusus untuk siswa yang menjadi subyek dalam penelitian sebagai bentuk solusi untuk mengatasi masalah belajar siswa. Kegiatan mengajar dikelas untuk masing-masing subyek dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan hasil asesmen dan hasil konsultasi dari guru maupun dosen pembimbing. Setelah siswa mengikuti pembelajaran, terdapat peningkatan kemampuan khususnya dalam bidang akademik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPM
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35645

Actions (login required)

View Item View Item