Studi Komparatif Proses Pemerolehan Bahasa Inggris Pada TK Model Sleman dan TK Mutiara Persada

Yuliani M, Sri (2016) Studi Komparatif Proses Pemerolehan Bahasa Inggris Pada TK Model Sleman dan TK Mutiara Persada. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-yuliani-m-14717251011.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan proses pembelajaran bahasa Inggris pada TK Model Sleman dan TK Mutiara Persada mengenai aspek (1) materi pengenalan bahasa Inggris, (2) media pengenalan bahasa Inggris, (3) metode pengenalan bahasa Inggris, dan (4) penilaian dalam pengenalan bahasa Inggris pada Taman Kanak-kanak di Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian komparatif (perbandingan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi meliputi kepala sekolah, guru bahasa Inggris, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara deskripsi data, interpretasi, juxtaposisi, dan komparasi. Teknik ini merupakan tahap analisis komparatif yang dikembangkan oleh Bereday. Hasil penelitian ini mencakup empat aspek sebagai berikut, (1) Materi yang diperkenalkan dalam proses pemerolehan bahasa inggris di kedua TK melalui pengenalan tema-tema. Ciri khas pada TK Model Sleman, kegiatan belajar yang dilakukan lebih kepada pengenalan dan pemahaman kosakata bahasa Inggris untuk anak. sementara pada TK Mutiara Persada kegiatan belajarnya menggunakan buku LKA dan juga mengenalkan kosakata bahasa Inggris yang dilakukan secara komunikatif di sekolah. (2) Kedua TK telah menggunakan berbagai jenis media dalam proses pemerolehan bahasa Inggris yang dapat memotivasi dan menarik perhatian anak dalam memperoleh dan memahami kosakata bahasa Inggris. (3) Metode yang digunakan dalam pemerolehan bahasa Inggris anak pada TK Model Sleman dan TK Mutiara Persada menggunakan metode yang bervariasi meliputi metode bernyanyi, tanya jawab, games, dan TPR (Total Physical Respond). (4) Kedua TK menggunakan penilaian autentik dalam proses pemerolehan bahasa Inggris anak yang tidak dibatasi dengan penggunaan format tertentu. Ciri khas dari TK Model Sleman melakukan penilaian ketika proses kegiatan belajar sedang berlangsung dengan memberikan tanda bintang (reward) dan penilaian rubrik bagi anak yang aktif dan dapat menjawab pertanyaan. Sementara pada TK Mutiara Persada proses penilaian yang digunakan dengan membuat catatan-catatan kecil dari hasil observasi yang mempermudah guru membuat narasi perkembangan bahasa Inggris an

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: proses pemerolehan, bahasa Inggris, taman kanak-kanak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:14
Last Modified: 09 May 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35636

Actions (login required)

View Item View Item