Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Aplikasi untuk Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta

Suciyati, Alfi (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Biologi Berbasis Domain Aplikasi untuk Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alvi-suciyati-10708251053.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : 1) kelayakan perangkat SSP pada materi jamur yang dikembangkan dalam meningkatkan karakter mandiri siswa SMA, 2) kemampuan SSP pada materi jamur yang dikembangkan dalam meningkatkan karakter mandiri, dan 3) kemampuan SSP pada materi jamur yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar domain aplikasi siswa SMA N 8 Yogyakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang terdiri dari 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, tetapi penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1 sampai dengan 7 yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf SSP dan validasi, uji coba terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta yaitu 15 siswa kelas X D untuk uji coba terbatas, sedangkan untuk uji coba lebih luas sebanyak 64 siswa yaitu 32 siswa dari kelas X G sebagai kelas eksperimen (KE) dan 32 siswa kelas X B sebagai kelas kontrol (KK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi SSP, angket, lembar observasi, dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Masukan dan saran terhadap SSP hasil pengembangan pada tahap uji coba terbatas digunakan untuk dasar perbaikan SSP pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: 1) SSP berbasis domain aplikasi untuk meningkatkan karakter mandiri yang dikembangkan dalam penelitian ini telah layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi Jamur di SMA; 2)SSP berbasis domain aplikasi yang dikembangkan mampu meningkatkan karakter mandiri siswa SMA, ditunjukkan dengan peningkatan karakter mandiri yang lebih tinggi pada kelas eksperimen; 3) SSP berbasis domain aplikasi yang dikembangkan pada materi jamur mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA, ditunjukkan dengan persentase ketuntasan dan gain standard hasil belajar yang lebih tinggi pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), biologi, domain aplikasi, karakter mandiri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35628

Actions (login required)

View Item View Item