KEMATANGAN EMOSI PADA “ASD” SISWA BERPRESTASI KELAS VA SD NEGERI 4 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Rahayu, Hesti Tri (2016) KEMATANGAN EMOSI PADA “ASD” SISWA BERPRESTASI KELAS VA SD NEGERI 4 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Hesti Tri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi pada salah satu siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Aspek yang diamati dalam kematangan emosi meliputi kesadaran emosi, penerimaan emosi, cara berinteraksi dengan orang lain dan penguatan dalam bergerak dan bertindak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa berprestasi di kelas VA SD Negeri 4 Wates. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas VA, orang tua siswa berprestasi, guru mata pelajaran, dan siswa lain sebagai teman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kesadaran emosi, penerimaan emosi, cara berinteraksi dengan orang lain dan penguatan dalam bergerak dan bertindak, tampak kematangan emosi pada siswa berprestasi kurang sesuai dengan kemampuan kognitif yang dimiliki. Siswa berprestasi kurang wajar dalam mengekspresikan perasaan yang dialami karena masih berlebihan dan meledak-ledak. Siswa berprestasi berperilaku kurang sesuai dengan usianya karena berkaitan dengan kepribadian sebagai anak tunggal yang ditunjukkan dengan egosentris tinggi dan ingin dominan sehingga dianggap kekanak-kanakan dan kurang diterima oleh orang lain. Kata kunci: kematangan emosi, siswa berprestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Jun 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35626

Actions (login required)

View Item View Item