LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

Nurul Chomza, Nurul Chomza (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. UNSPECIFIED. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan guna memberikan pengalaman mahasiswa secara praktis dan faktual dalam bidang keguruan sehingga mahasiswa sebagai calon pendidik dapat mempersiapkan diri dalam meningkatkan kualitas keguruan yang memenuhi empat kompetensi keguruan, yaitu kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pelaksanaan PPL Univesitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 dilaksanakan di sekolah Citra Mulia Mandiri terhitung mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Dalam pelaksanaan PPL di sekolah Autis Citra Mulia Mandiri, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam mengajar dan menangani anak autis sesuai dengan kondisi yang dimiliki dan mengoptimalkan kemampuan yang dapat dikembangkan. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan administrasi kelas yaitu penyusunan Program Pembelajaran Individual dan Rencana Program Pembelajaran, pelaksanaan evaluasi pembelajaran, praktek mengajar, serta pendampingan kegiatan pembelajaran maupun program yang diadakan oleh sekolah. Praktek pembelajaran dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus hingga 7 September 2015 dengan subyek didik bernama Febian Darma Putra. Berdasarkan dari observasi yang telah dilaksanakan, saya menyusun program yang meliputi program akademik dan non akademik/bina diri. Program akademik meliputi pengembangan bahasa anak dengan materi memperkenalkan benda-benda di dalam kelas. Materi non akademik atau bina diri yang diberikan yaitu mengancingkan baju. Kesulitan dari kegiatan praktek mengajar salah satunya yaitu karena subyek didik mengalami hambatan dalam memusatkan perhatian atau kurangnya konsentrasi terhadap satu hal, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Terlaksananya kegiatan praktek mengajar tidak lepas dari bantuan dan bimbingan dari guru pembimbing yang senantiasa memberikan masukan selama kegiatan pembelajaran.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: PPL, SLB Autis Citra Mulia Mandiri, Febian Darma Putra
Subjects: LPPM
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35625

Actions (login required)

View Item View Item