LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 LOKASI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Iin Vrisika Erfitriana, Iin Vrisika Erfitriana (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015 LOKASI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iin Vrisika Erfitriana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan suatu instansi yang menangani permasalahan ataupun mengembangkan suatu program pendidikan menjadi salah satu pekerjaan yang harus dirancang sebaik mungkin. Rencana kerja yang sudah ditetapkan terkadang mengalami kesalahan teknis dan ketidakmerataan dalam menangani penyelenggaraan suatu program. Di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman khusus bidang sarana dan prasarana yang ada dimasing-masing sekolah selalu mengalami ketidaksesuaian antara data dan bentuk secara fisik. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya pendataan sacara berkala sehingga menyebabkan banyaknya sarana dan prasarana yang banyak tidak sinkkron. Selain itu juga banyaknya sarana dan prasarana yang banyak dibutuhkan dalam kurun waktu terakhir. Pendataan sarana dan prasarana yang belum valid dari masing-masing Sekolah Dasar. Adapun alasan lainnya yaitu ketidaksesuaian pengadaan disetiap sekolah, kurangnya informasi secara jelas mengenai kebutuhan sekolah sebagai bukti progres setiap tahun. Dengan permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perlunya pendataan tentang jumlah dan kondisi sarana dan prasarana di masing-masing Sekolah Dasar untuk mengetahui perkembangan secara berkala masing-masing sekolah berdasarkan permendiknas khususnya ruang kelas saja. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka analisis sarana dan prasarana Sekolah Dasar sekabupaten Sleman yang bertujuan untuk mengadakan pengadaan yang valid atau sesuai keadaan sekolah masing-masing, mengadakan pengadaan yang lebih up to date atau terbaru guna mengetahui kebutuhan dan perkembangan masing-masing Sekolah Dasar, sebagai bahan kebijakan tentang progres sarana dan prasarana pendidikan agar tepat sasaran. Dalam menjalankan program yang diselenggarakan pada 10 Agustus sampai 11 September ini sesuai dengan permasalahan dilapangan membutuhkan ketrampilan mengelola manajerial baik secara fisik yang terjun langsung ke lapangan maupun manajemen yang mengatur penyelenggaraan rencana kerja pengelolaan sarana dan prasarana. Oleh karena itu sebagai mahasiswa PPL membutuhkan perencanaan yang dapat membantu menganalisis ketidaksesuaian sarana dan prasarana. Analisis kebutuhan sarana dan prasarana Sekolah Dasar merupakan bentuk program kerja yang dilakukan untuk mengetahui jumlah sarana dan prasarana yang baik, rusak dan kekurangannya. Dimulai dari pembuatan instrumen yang akan di isi dari masing-masing sekolah dan dikumpulkan di Dikpora yang beralamat di Jl. Parasamya Beran Tridadi Sleman ini. Data yang sudah terkumpulkan dilanjutkan dengan analisis, yaitu menghitung jumlah sarana dan prsarana yang baik, rusak dan disimpulkan hingga menjadi bahan kebijakan dalam usulan kegiatan penyelenggaraan program sarana dan prasarana ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: sarana dan prasarana, pengelolaan, Sekolah Dasar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35608

Actions (login required)

View Item View Item