LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PEMBUATAN DATABASE MASA PENSIUN GURU SD KABUPATEN SLEMAN BERDASARKAN KECAMATAN PER TAHUN

Arifah Alfiani, Arifah Alfiani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PEMBUATAN DATABASE MASA PENSIUN GURU SD KABUPATEN SLEMAN BERDASARKAN KECAMATAN PER TAHUN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arifah A.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan wajib yang mempunyai kaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. PPL bertujuan memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari permasalahan yang ada di lembaga pendidikan. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu interdisipliner ke dalam kegiatan nyata di lembaga pendidikan. Kegiatan PPL Semester khusus ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Sasaran program adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman khususnya bidang PPTK (Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Kegiatan PPL ini memfokuskan pada bidang PPTK (Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) khususnya pada seksi jenjang pendidikan TK dan SD. Permasalahan di bidang PPTK adalah mengenai kualitas dan kuantitas guru. Program utama membahas mengenai kuantitas guru. Kabupaten Sleman saat ini masih kekurangan guru SD. Kekurangan guru ini belum dapat diatasi dikarenakan beberapa hal. Diantaranya adalah belum ada data terperinci di setiap tahun per kecamatan yang membantu untuk analisis kebutuhan penerimaan guru, maka munculah program “Pembuatan Database Masa Pensiun Guru Sd Kabupaten Sleman Berdasarkan Kecamatan Per Tahun“. Database ini dibuat berdasarkan klasifikasi tugas poko guru yakni ( Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Agama, dan Guru Penjaskes). Lebih jelas setiap klasifikasi diurutkan per tahun berdasarkan kecamatan. Untuk mempermudah perencanaan kebutuhan guru maka dibuat pula klasifikasi gender 5 tahunan per kecamatan. Adanya database ini mampu mempermudah melihat kebutuhan guru, sehingga harapannya kekurangan guru dapat diminimalisir dengan perencanaan dini. PPL selain melaksanakan program utama juga ada program penunjang diantaranya penerima berkas data sekolah dan petugas entry data PKG, serta peserta workshop media belajar. Adapun program Insidental berupa kegiatan kantor terkait surat menyurat, dan mengikuti agenda kegiatan lembaga. Secara umum pelaksanaan program dapat dikatakan 100 % berhasil. Kegiatan yang direncanakan semuanya terlaksana dengan baik, meskipun ada perbedaan jam antara rencana dan pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan kesibukan pegawai pemberi data dan pekerjaan yang berbenturan jadwalnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35604

Actions (login required)

View Item View Item