LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI PAKEM 1

Wahyu Marfungah Maharini, Wahyu Marfungah Maharini (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SD NEGERI PAKEM 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Marfungah Maharini.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengertian dari PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Salah satu tujuan dari program PPL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. SD Negeri Pakem 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem I adalah mengajar yang dilaksanakakan pada tanggal 10 Juli sampai pada tanggal 12 September 2015. Agar proses pembelajaran berjalan lancar, sebelum mengajar pratikan melakukan observasi dan konsultasi kepada guru kelas atau guru pamong kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi yakni kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Selama pelaksanaan program PPL diharapkan pratikan dapat menguasai materi pembelajaran dan metode pembelajaran, mampu mengelola kelas, memahami karakteristik siswa di kelas, dan mampu memiliki kepribadian sebagai seorang guru. Pelaksanaan program PPL terdiri dari praktik mengajar terbimbing sebanyak 5 kali pertemuan dan praktik mengajar ujian sebanyak 2 kali pertemuan. Untuk mendukung pelaksanaan program PPL, perlu adanya media pada pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi. Pada kesempatan PPL ini, pratikan membuat media pembelajaran papan bimbingan “Aku Merawat Tubuhku” untuk kelas 3 dengan materi tentang perintah dan petunjuk. Dari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang kependidikan, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan. Selain itu dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL, Tujuan PPL, SD Negeri Pakem 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35527

Actions (login required)

View Item View Item