Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP

Ramadianti, Winda (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-winda-ramadianti-10709251009.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah: 1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan multimedia dan media manipulatif ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa SMP Negeri Kecamatan Gamping; 2) terdapat perbedaan ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa di sekolah kategori sedang dan sekolah kategori rendah; 3) terdapat pengaruh interaksi jenis media (multimedia dan media manipulatif) dan rata-rata nilai UN sekolah (rata-rata UN sedang dan rata-rata UN rendah) terhadap ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Gamping, Sleman, yang terdiri dari 4 sekolah. Dari 4 sekolah dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu sekolah rata-rata UN sedang dan rendah. Dari setiap kelompok dipilih 1 sekolah secara acak. Dari 2 sekolah yang terpilih (SMP N 1 dan SMP N 4), dipilih secara acak 2 kelas (VIIIA dan VIIIB, SMP N 1; VIIIA dan VIIID, SMP N 4). Kelas VIII A SMP N 1 dan VIIID SMP N 4 diberi perlakuan penggunaan multimedia, sedangkan kelas VIIIB SMP N 1 dan VIIIA SMPN 4 diberi perlakuan penggunaan media manipulatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda untuk ketercapaian kompetensi dasar, dan angket untuk minat. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova dua faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan multimedia dan media manipulatif ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa SMP Negeri Kecamatan Gamping; 2) setelah menggunakan multimedia dan media manipulatif, terdapat perbedaan ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa di sekolah kategori sedang dan sekolah kategori rendah; 3) terdapat pengaruh interaksi jenis media (multimedia dan media manipulatif) dan rata-rata nilai UN sekolah (rata-rata UN sedang dan rata-rata UN rendah) terhadap ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa, yaitu pada sekolah kategori sedang media manipulatif memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan multimedia, sedangkan pada sekolah kategori rendah, multimedia memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada media manipulatif ditinjau dari minat belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, media manipulatif, ketercapaian kompetensi dasar, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35514

Actions (login required)

View Item View Item