LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI DELEGAN 2 DINGINAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

ARFAN KHAIRUN, ARFAN KHAIRUN (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI DELEGAN 2 DINGINAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ARFAN KHAIRUN (11108241005).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalm bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kemampuan dan kompetensi dalam bidang pendidikan. SD Negeri Delegan 2 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kegiatan pembelajaran di sekolah atau lembaga, serta kegiatan yang mendukung berlangsungnya proses pembelajaran. Hali ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, club, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.Tahap persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, pembuatan matriks program, dan pembuatan jadwal mengajar.Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar mandiri dan ujian.Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Program PPL semester khusus 2015 ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 yang meliputi pelaksanaan praktik mengajar mandiri sebanyak empat kali yang yang dilaksanakan pada tanggal 22, 27, 28 Agustus, dan 2 September 2015, serta ujian praktik mengajar sebanyak dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2015 dan 8 September 2015. Pelaksanaan praktik mengajar mandiri dan ujian praktik meliputi tahap pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Meskipun menghadapi beberapa kendala yang terkait dengan pengelolaan kelas dan pengaturan waktu, akan tetapi karena dukungan dari berbagai pihak terkait Progam PPL di SD Negeri Delegan 2 Dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD N Delegan 2, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35494

Actions (login required)

View Item View Item