Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SD Se Gugus I Lendah Kulon Progo

Wahyuningsih, Asih (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas V SD Se Gugus I Lendah Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis asih wahyuingsih-13712251049.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model CIRC dan PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD se-gugus I Lendah Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- postest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Butuh, siswa kelas V SD Negeri Carikan, dan siswa kelas V SD Negeri Wanagiri. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Butuh sebagai kelompok eksperimen CIRC, siswa kelas V SD Negeri Carikan sebagai kelompok eksperimen PQ4R, dan SD Negeri Wanagiri sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan simple random sampling technique. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif. Validasi instrument yang digunakan adalah validitas isi dan validasi konstruk. Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan nilai Cronbach’s Alpha 0,915. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-test dan Anava. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran CIRC efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan hasil perhitungan independent sample t-test yang menunjukkan taraf signifikansi dengan taraf signifikansi menunjukkan 0,000<0,05 (2) model pembelajaran PQ4R efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan hasil perhitungan independent sample t-test yang menunjukkan taraf signifikansi dengan taraf signifikansi menunjukkan 0,000<0,05 (3) model pembelajaran CIRC dan PQ4R efektif pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indoensia yang dibuktikan dengan hasil perhitungan Anava yang menunjukkan taraf signifikansi 0,828<0,05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CIRC, PQ4R, membaca pemahaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:20
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35475

Actions (login required)

View Item View Item