LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jalan Raya Janti Lanud Adisutjipto Sleman YOGYAKARTA

Ade Febri Suci Nurani, Ade Febri Suci Nurani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jalan Raya Janti Lanud Adisutjipto Sleman YOGYAKARTA. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
Ade Febri_Pendidikan Bahasa Prancis_.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Angkasa Adisudjitpto yang beralamat di Jalan Janti Lanud Adisutjipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Angkasa Adisudjitpto, praktikan mengajarkan mata pelajaran Bahasa Prancis untuk kelas X B dan X C pada semester gasal tahun 2015. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Angkasa Adisudjitpto yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Angkasa Adisudjitpto, penyusun mendapat kesempatan mengajar di kelas X B dan X C setiap hari Selasa jam ke-4 dan5 untuk kelas X C dan setiap hari Kamis jam ke-7 sampai 8 untuk kelas X B. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dari kegiatan PPL ini, mahasiswa juga dapat sekaligus menerapkan dan mengembangkan ilmu serta kemampuan yang dimiliki sesuai bidang studi masing-masing dalam kelas yang sesungguhnya. Kata Kunci : Individu, Program, Pelaksanaan, Hasil

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:35
Last Modified: 27 Jun 2016 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35460

Actions (login required)

View Item View Item