Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ruang Dimensi Tiga dengan Teori Pembelajaran van Hiele di SMA

Wantini, Sri (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ruang Dimensi Tiga dengan Teori Pembelajaran van Hiele di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-wantini-10709259018.swf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ruang dimensi tiga dengan teori pembelajaran van Hiele yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan Gagne dan Briggs yang telah dimodifikasi untuk penyusunan perangkat pembelajaran, menentukan struktur produk, melakukan penilaian produk awal, dan melakukan ujicoba dan revisi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri (1) lembar validasi perangkat pembelajaran, (2) lembar keterlaksanaan pembelajaran, (3) lembar kepraktisan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran dari guru, (4) lembar kepraktisan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran dari siswa, dan (5) tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran ruang dimensi tiga dengan teori pembelajaran van Hiele yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar yang layak. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan valid dengan kategori baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif meningkatkan kemampuan belajar siswa. Kepraktisan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik ditinjau dari kepraktisan perangkat pembelajaran dan kepraktisan pelaksanaan pembelajaran. Keefektifan ditinjau dari ketuntasan belajar, secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 80 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, teori pembelajaran van Hiele
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35447

Actions (login required)

View Item View Item