LAPORAN HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN / MAGANG III UNY SLB B KARNNAMANOHARA

Niki Andri Arni, Niki Andri Arni (2015) LAPORAN HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN / MAGANG III UNY SLB B KARNNAMANOHARA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIKI ANDRI ARNI 12103241052.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) atau Magang III. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam kegiatan mengajar perlu diakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan silabus, RPP, media pembelajaran dan lain-lain. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SLB B Karnnamanohara dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus–12 September 2015. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan observasi peserta didik serta observasi kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan 10 kali praktik mengajar terbimbing di kelas Dasar IV. Selain mengajar terbimbing, praktikan juga mendampingi dan membantu guru di kelas selama PPL. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik karena faktor internal maupun eksternal. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antar semua warga SLB B Karnnamanohara. Praktikan juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SLB B Karnnamanohara
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 01:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35432

Actions (login required)

View Item View Item