Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Hasil Ujian Nasional di DIY

Yulinda, Rika Nur (2012) Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Hasil Ujian Nasional di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rika-nur-yulinda-08709251021.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis kesulitan yang dominan, (2) letak kesulitan, dan (3) faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kompetensi berdaya serap rendah dari hasil Ujian Nasional di DIY. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, berpola triangulasi. Subjek penelitian adalah 98 siswa SMA di DIY yang berasal dari tiga sekolah dengan kategori kelompok A, B, dan C. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan stratified random sampling technique. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumen, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran mengenai jenis, letak, dan faktor kesulitan siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, jenis kesulitan siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan kompetensi berdaya serap rendah dari hasil Ujian Nasional di DIY yang dominan dialami siswa dari segi objek kajian matematika adalah kesulitan prinsip. Jenis kesulitan yang dialami siswa secara berturut-turut adalah kesulitan prinsip, kesulitan konsep, kesulitan pemecahan masalah verbal, dan kesulitan prosedur. Kedua, letak kesulitan siswa jika dilihat dari segi langkah pemecahan masalah matematika terdiri atas kesulitan membaca, kesulitan pemahaman, kesulitan transformasi, kesulitan keterampilan proses, dan kesulitan penarikan kesimpulan dari jawaban dengan tepat. Letak kesulitan dari segi kompetensi yang diujikan secara berturut-turut dari yang tersulit yakni, (1) menentukan titik potong garis singgung suatu kurva dengan salah satu sumbu koordinat, (2) menentukan luas daerah antara dua kurva, (3) menghitung nilai perbandingan trigonometri sudut antara garis dan bidang, (4) menentukan integral tertentu fungsi trigonometri, (5) menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri, (6) menghitung volume benda putar di daerah antara dua kurva jika diputar mengelilingi sumbu X, (7) menyelesaikan soal trigonometri dengan menggunakan jumlah/selisih sinus/cosinus, (8) menentukan persamaan garis singgung lingkaran, (9) menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen, dan (10) menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi sederhana. Ketiga, faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa dari faktor dalam diri siswa adalah faktor kesulitan yang berkaitan dengan konsep dan prinsip. Selain itu, terdapat faktor di luar faktor konsep dan prinsip yakni: kurang teliti, tergesa-gesa mengerjakan soal, lupa, kurang waktu untuk mengerjakan soal, cepat menyerah, terkecoh, dan cemas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesulitan, pemecahan masalah matematika, Ujian Nasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:16
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35421

Actions (login required)

View Item View Item