Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMP Kelas VII

Widiyanti, Reny Amalia (2012) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-reny-amalia-widiyanti-10709251027.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh lebih besar dari pada pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan kognitif yang meliputi kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kota Yogyakarta dan Bantul, semester genap tahun ajaran 2011/2012. Dari 30 SMP di Kota Yogyakarta dan 43 SMP di Bantul yang memiliki daya serap rendah pada materi bangun datar, dipilih secara acak masing-masing satu sekolah. Kemudian dari dua sekolah tersebut (SMP Negeri 5 Banguntapan dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta), dipilih secara acak dua kelas (VII C dan VII B). Kelas VII C SMP Negeri 5 Banguntapan diberi perlakuan dengan pendekatan PMRI, sedangkan kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda untuk kemampuan kognitif. Koefisien reabilitas instrumen pretest dan posttest adalah 0,768 dan 0,746; sedangkan SEM instrumen pretest dan postest adalah 0,879 dan 0,925. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan PMRI dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional pada kemampuan kognitif yang meliputi kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis, dan PMRI berpengaruh lebih besar terhadap kemampuan kognitif pada kemampuan mengaplikasikan dan menganalisis dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), kemampuan kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35419

Actions (login required)

View Item View Item