Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-ended terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Untari, Reni (2012) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-ended terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-reni-untari-10709251026.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; 2) pengaruh direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; dan 3) bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended dibandingkan direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman pada pembelajaran bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VII E dan kelas VII F. Kelas VII F dikenai perlakuan berupa pendekatan pembelajaran open-ended dan VII E dikenai perlakuan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalonobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test. Data dianalisis menggunakan one sample t test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling, dan uji t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembelajaran open-ended berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; 2) direct instruction tidak berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis; dan 3) pendekatan pembelajaran open-ended lebih berpengaruh dibandingkan direct instruction terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman pada pembelajaran bangun datar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran open-ended, direct instruction, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35390

Actions (login required)

View Item View Item