UPAYA PERBAIKAN TEKNIK PERNAPASAN DAN RESONANSI DENGAN METODE KECERDASAN KINESTETIS PADA PADUAN SUARA DI SMK NEGERI 1 TEMPEL

Pratama, Odhi (2016) UPAYA PERBAIKAN TEKNIK PERNAPASAN DAN RESONANSI DENGAN METODE KECERDASAN KINESTETIS PADA PADUAN SUARA DI SMK NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
UPAYA PERBAIKAN TEKNIK PERNAPASAN DAN RESONANSI DENGAN METODE KECERDASAN KINESTETIS PADA PADUAN S.PDF
Restricted to Registered users only until April 2025.

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki teknik pernapasan diafragma dan resonansi melalui metode kecerdasan kinestetis pada paduan suara di SMK Negeri 1 Tempel. Permasalahan penelitian ini adalah peserta paduan suara belum menerapkan teknik pernapasan diafragma dan resonansi ketika bernyanyi. Hal ini dapat dilihat pada bahu peserta didik yang terangkat ke atas saat bernapas dan suara yang terdengar gaduh. Selain itu, data pra peneilitan (preliminary research) pada aspek phrasering dengan nilai rata-rata kelas sebesar 40,41 dan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 26,41 semakin menunjukkan adanya permasalahan yang berkaitan dengan teknik pernapasan dan resonansi. Sehingga metode kecerdasan kinestetis menjadi upaya dalam memperbaiki teknik pernapasan dan resonansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I tindakan dilakukan dalam 4 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan dalam 3 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswi peserta paduan suara SMK Negeri 1 Tempel sebanyak 25 responden yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat ukur penelitian ini dalam upaya perbaikan teknik pernapasan dan resonansi yaitu dengan menggunakan lembar evaluasi prestasi belajar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas hasil, proses, demokrasi, katalistik, dialogis dan rater. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mengolah skoraspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes praktikteknik pernapasan diafragma, resonansi dan phrasering. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dan proses pembelajaran paduan suara dengan menggunakan metode kecerdasan kinestetis untuk teknik pernapasan dan resonansi dalam paduan suara di SMK Negeri 1 Tempel. Hasil pada pra siklus menujukkan nilai rata-rata evaluasi prestasi belajar sebesar 26,41, siklus I sebesar 51,43 dan siklus II sebesar 73,46. Pada akhir penelitian dengan nilai rata-rata kelas 73,46 (Baik) dan seluruh responden (100%) telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Pembelajaran paduan suara dengan metode kecerdasan kinestetis dapat memperbaiki teknik pernapasan dan resonansi maupun meningkatkan prestasi belajar paduan suara di SMK Negeri 1 Tempel. Secara umum pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 24 Jun 2016 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35387

Actions (login required)

View Item View Item