UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA EKSTRAKURIKULER BIOLA MELALUI PENGGUNAAN REPERTOAR LAGU ANAK DI SD TERUNA BANGSA YOGYAKARTA

Perwitasari, Stephani Ayu (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA EKSTRAKURIKULER BIOLA MELALUI PENGGUNAAN REPERTOAR LAGU ANAK DI SD TERUNA BANGSA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until April 2025.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan keterampilan bermain biola pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler biola di SD Teruna Bangsa. Hal ini dikarenakan, dalam pelaksanaan ekstrakurikuler biola sebelum dilakukan penelitian ini masih ditemukan berbagai hambatan salah satunya adalah penerapan materi dalam proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research dengan model Kemmis dan Mc Taggart, dan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Teruna Bangsa kelas 1-5 yang mengikuti ekstrakurikuler biola pada kelas dasar, yang berjumlah 31 siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas proses, hasil, demokrasi, katalik, dialogis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan repertoar lagu anak dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler biola dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain biola. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari hasil evalusi bermain biola pada setiap siklus. Pada pra siklus ke siklus I rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 55,94. Setelah diberikan penerapan materi lagu anak mengalami peningkatan sebesar 66,69 dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 75,61.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 24 Jun 2016 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35384

Actions (login required)

View Item View Item