LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Kurniawati Oktaviana, Kurniawati Oktaviana (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kurniawati.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kurniawati.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cangkringan meliputi kegiatan praktik pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2015. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Biologi di kelas X A, B, C, dan D. Metode pembelajaran yang digunakan oleh praktikan antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, pengamatan video, dan presentasi. Media yang digunakan berupa power point tentang virus dan LKS tentang penyakit yang disebabkan oleh virus. . Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan. Dari kegiatan praktik mengajar dan praktik persekolahan yang telah dilaksanakan, maka dapat didapatkan hasil bahwa siswa SMA Negeri 1 Cangkringan rata-rata mempunyai motivasi dan kemauan belajar yang tinggi. Siswa-siswa juga terlihat aktif dan antusias ketika mengikuti pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Hasil PPL, Kegiatan PPL, Tujuan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35362

Actions (login required)

View Item View Item