Keefektifan Model Kolb pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Siswa SMP Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan

Harnita, Nina (2012) Keefektifan Model Kolb pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Siswa SMP Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina-harnita-10709259001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran matematika dengan model Kolb dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan karakter siswa; (2) pembelajaran matematika yang lebih efektif antara model Kolb dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalen control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa model Kolb dan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Paringin yang terdiri dari lima kelas. Dari populasi yang ada, diambil dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih adalah kelas VIII B yang diberi perlakukan dengan model Kolb dan kelas VIII C yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket karakter siswa. Untuk mengetahui keefektifan model Kolb dan konvensional pada masing-masing variabel digunakan teknik uji proporsi pada taraf signifikansi 0,05. Kemudian untuk membandingkan keefektifan model Kolb dan konvensional terhadap masing- masing variabel, digunakan analisis data two group MANOVA dengan T2 Hotteling’s pada taraf signifikansi 0,05. Jika terdapat perbedaan keefektifan dilanjutkan dengan uji t dengan kriteria Bonferroni pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Kolb dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan karakter siswa, sedangkan pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tetapi efektif ditinjau dari karakter siswa; (2) model Kolb lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan model Kolb tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari karakter siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model Kolb, kemampuan pemecahan masalah, karakter siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35355

Actions (login required)

View Item View Item