LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI MTS NEGERI GODEAN

Diyah Wahyu Utami, Diyah Wahyu Utami (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI MTS NEGERI GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. LAPORAN PPL Diyah Wahyu Utami Pend. Matematika.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS atau setara dengan 128 jam. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. PPL dilaksanakan selama 5 minggu sejak 10 Agustus hingga 12 September 2015 di MTs Negeri Godean yang berlokasi di Klaci, Sidoagung, Godean, Sleman. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan praktik mengajar sebanyak 4-6 kali pertemuan dan kegiatan nonmengajar seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah lainnya seperti upacara bendera, bimbingan Iqra’ untuk siswa kelas VII, lomba memperingati HUT RI ke-70, dan piket harian. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan durasi 3 x 40 menit untuk setiap pertemuan dapat berjalan dengan lancar, walaupun di awal terdapat beberapa kendala. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru dan dosen pembimbing serta dengan terus memperbaiki diri selama PPL. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang terjadi di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, kegiatan PPL di MTs Negeri Godean berjalan dengan lancar

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, MTs Negeri Godean
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35342

Actions (login required)

View Item View Item