Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMP Negeri di Pacitan pada Ujian Nasional Tahun 2009/2010

Meifiani, Nely Indra (2012) Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMP Negeri di Pacitan pada Ujian Nasional Tahun 2009/2010. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nely-indra-meifiani-09709251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor yang menyebabkan kesulitan siswa SMP N Kabupaten Pacitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada UN tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N di Kabupaten Pacitan. Sampel berasal dari 5 sekolah dengan siswa sebanyak 41. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis di mana soal pilihan ganda telah dikemas kembali ke dalam bentuk uraian dan dilengkapi dengan wawancara terhadap subjek untuk memperjelas jenis dan faktor kesulitan siswa. Soal yang diujikan adalah soal yang daya serapnya rendah sebanyak 10 item soal. Soal ditentukan dengan cara mengkombinasikan 40 item soal UN yang berada pada kategori rendah yaitu di bawah nilai 5 dari 5 sekolah yang terpilih. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah kesalahan siswa, menganalisis hasil tes dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Jenis kesulitan tidak linier menurut strata. Seharusnya sekolah pada strata rendah tingkat kesulitannya adalah yang tertinggi, sekolah pada strata sedang tingkat kesulitannya adalah sedang, sedangkan sekolah pada strata tinggi tingkat kesulitannya adalah yang terendah. Tetapi dari hasil penelitian menunjukkan kesalahan membaca terbanyak dialami oleh strata rendah, kesalahan pemahaman terbanyak dialami oleh strata rendah, kesalahan transformasi terbanyak dialami oleh strata tinggi, kesalahan proses terbanyak dialami oleh strata rendah, kesalahan dalam menarik kesimpulan terbanyak dialami oleh strata rendah, dan kesalahan karena kecerobohan terbanyak dialami oleh strata sedang. Sedangkan faktor kesulitan siswa meliputi siswa tidak menguasai konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan serta perbandingan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Siswa tidak memahami himpunan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. Siswa tidak memahami bangun datar, bangun ruang, dan garis sejajar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesulitan, matematika, ujian nasional, SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35282

Actions (login required)

View Item View Item