Ardiyaningrum, Martalia (2012) Pengaruh Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing serta Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-martalia-ardiyaningrum-10709251029.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) interaksi pendekatan pembelajaran dan minat belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa; 2) pengaruh pendekatan problem solving dan problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa; 3) pengaruh minat belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, dipilih secara acak 2 kelas (VII E dan VII F). Siswa dalam masing-masing kelas yang terpilih dikelompokkan dalam kategori tingkat minat tinggi dan rendah dengan menggunakan angket minat belajar matematika. Kelas VII E diberi perlakuan pendekatan problem solving, sedangkan kelas VIIF diberi perlakuan pendekatan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova dua faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan minat belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa; 2) terdapat perbedaan pengaruh pendekatan problem solving dan problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa; 3) terdapat pengaruh minat belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi matematis siswa. Pendekatan problem solving lebih unggul dari pendekatan problem posing baik untuk tingkat minat tinggi maupun rendah dalam kemampuan pemecahan masalah. Pada kemampuan representasi matematis, pendekatan problem posing lebih unggul dari pendekatan problem solving baik untuk tingkat minat tinggi maupun rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan problem solving, pendekatan problem posing, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan representasi matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 06:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35266 |
Actions (login required)
View Item |