LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015

Zahbiadina Latifah, Zahbiadina Latifah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN ALL..PPL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu dan dilaksanakan di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, khususnya calon guru. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta III selama satu bulan, terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas X MIPA (lintas minat ekonomi) dengan jumlah 5 kelas, yakni X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4, dan X MIPA 5. Selama melaksanakan PPL di MAN Yogyakarta III, praktikan sangat terbantu dengan adanya bimbingan dari berbagai pihak seperti guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan, serta Koordinator Kurikulum MAN Yogyakarta III. Adapun partisipasi aktif dari siswa-siswi MAN Yogyakarta III turut membantu kelancaran PPL di MAN Yogyakarta III. Selama melakukan PPL di MAN Yogyakarta III, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, praktik di kelas, penyusunan dan pelaksanaan evaluasi, diakhiri dengan pembuatan laporan akhir yang menandakan berakhirnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Seluruh rangkaian kegiatan PPL yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lahirnya tenaga pendidik yang mumpuni, terampil, berkualitas, dan profesional sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia. Secara keseluruhan, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta III berjalan dengan lancar berkat kerjasama dari beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa, meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu tuntutan percepatan durasi waktu bagi kelas MIPA dengan bahasan materi yang sangat banyak dan adanya pengurangan jam pelajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2015, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item