LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015

Nur Ismail, Nur Ismail (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN ALL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai program kegiatan kulikuler Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program ini merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya program studi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapanagan (PPL) bertujuan untuk mengembangkan dan mempersiapkan sebagai calon guru dan tenaga kependidikan yang mempunyai nilai, sikap, dan ketrampilan sehingga menjadi tenaga kependidikan yang professional. Kesempatan ini sangat bermanfaat oleh mehasiswa sebagai sarana menjadi seorang calon pendidik untuk memperoleh pengalaman dan bekal yang cukup sebagai calon pendidik. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dilaksanakan 1 bulan. Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas X IPA 1, X IPAA 2, X IPA 3, X IPA 4, dan X IPA 5 dengan Mata Pelajaran Prakarya Kewirausahaan Kerajinan Tekstil dengan jumlah jam setiap minggu 2 jam untuk kelas X. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa supaya memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar yang sebenarnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada, serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2015, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35226

Actions (login required)

View Item View Item