PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNASIONAL DI KOLEJ VOKASIONAL MUAR, JOHOR, MALAYSIA

Arif Wahyu Saputro, Arif Wahyu Saputro (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNASIONAL DI KOLEJ VOKASIONAL MUAR, JOHOR, MALAYSIA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arif Wahyu Saputra.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional merupakan merupakan kegiatan latihan mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa terpilih dari program studi kependidikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2015 hingga 4 September 2015 bertempat di Kolej Vokasional Muar, Johor, Malaysia. Tujuan dari program PPL Internasional memberikan pengalaman mengajar teori dan praktik sesuai bidang keahlian mahasiswa, meningkatkan keterampilan mengajar dan pengelolaan tugas pendidik lainnya terkhusus dalam bidang kejuruan, dan memberikan pengetahuan mahasiswa mengenai penyelenggaraan pendidikan kejuruan di Malaysia. Pelaksanaan PPL Internasional diawali dengan tahap persiapan yang terdiri dari orientasi dan observasi sekolah. Setelah didapatkan data hasil observasi, maka selanjutnya dirancang program kerja yang meliputi kegiatan praktik mengajar dan praktik manajemen persekolahan. Kegiatan praktik mengajar terdiri dari tahap persiapan mengajar berupa penyusunan modul, pembuatan soal evaluasi, pembuatan jobsheet, pembuatan media persentasi dan tahap pelaksanaan mengajar pada 2 mata pelajaran yaitu steering system dan suspension system. Adapun Kegiatan praktik manajemen persekolahan meliputi musyawarat (upacara), perkemahan sekolah, sukan bulan patriotik, khidmat masyarakat, kunjungan industri, pengawasan asrama dan pendataan siswa asrama. Kegiatan PPL Internasional di Kolej Vokasional Muar, Johor, Malaysia secara umum berjalan dengan baik dengan terlaksananya seluruh program kerja yang direncanakan. Adapun total waktu pelaksanaan kegiatan adalah 134 jam yang terdiri dari 84 jam kegiatan praktik mengajar dan 50 jam kegiatan manajemen persekolahan. Meskipun terdapat beberapa kendala, akan tetapi dengan kerja sama yang baik antara praktikan dengan pihak sekolah, kendala yang dihadapi dapat diselesaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL Internasional, Program Praktik Mengajar, Program Manajemen Persekolahan, Kolej Vokasional Muar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35195

Actions (login required)

View Item View Item