PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA PARTIKEL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 1 PAKEM

Wardani, Mita Ika (2016) PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA PARTIKEL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan, mengetahui hasil respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan sistem assessment berbasis media audio visual yang dikembangkan serta mengetahui hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan bahan ajar dan sistem assessment berbasis media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4D oleh Thiagarajan dan Semmel (1974:5). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: (1) Defining (pendefinisian); (2) Designing (perancangan); (3) Developing (pengembangan); (4) Disseminating (penerapan). Instrumen pembelajaran berupa instrumen RPP, LKPD dan sistem assessment. Instrumen penelitian berupa rubrik, angket validasi instrumen, lembar pengamatan (Observasi), angket respon pengguna. Teknik analisis data yaitu uji validitas instrumen dengan menggunakan CVR dan CVI, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN dan program SPSS 22 serta untuk tingkat kegunaan produk (efektifitas) dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil yang diperoleh adalah dihasilkannya sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan dengan melihat nilai rata-rata validitas isi dari dosen dan guru, nilai reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan serta didukung dengan nilai respon peserta didik dan respon observer. Untuk respon siswa terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara beurutan bernilai 4,08 dengan kategori baik dan 4,27 dengan kategori sangat baik. Respon observer terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara beurutan bernilai 3,99 dan 4,13 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba terbatas aspek kognitif, kognitif proses, afektif dan psikomotor secara berurutan adalah 2,66; 2,34; 3,39 dan 3,61 secara berurutan dengan kategori baik; cukup; baik dan baik. Hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba lapangan aspek kognitif, kognitif proses, afektif dan psikomotor secara berurutan adalah 2,53; 2,16; 3,42 dan 3,61secara beurutan dengan kategori baik; cukup; baik dan sangat baik. Kata Kunci: Sistem Assessment, Media Audio Visual, Dinamika Partikel, SMA Negeri 1 Pakem

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:08
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35153

Actions (login required)

View Item View Item