LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 TEMPEL

Arlina Lili Fatimah, Arlina Lili Fatimah (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13 ARLINA LILI FATIMAH_12301241043.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh dan wajib lulus bagi mahasiswa prodi pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki bobot 3 sks. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan di sekolah yang nantinya akan digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon pendidik. Mahasiswa PPL diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa. Pada kesempatan ini, penulis melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 2 Tempel yang terletak di Jalan Balangan, Barongan, Banyurejo, Tempel, Sleman, DI Yogyakarta dimualai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL berlangsung dalam bembemrapa tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Persiapan PPL dimulai dari pembelajaran mikro, observasi, dan pembekalan. Kemudian, pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di 3 kelas, yaitu VIII A, VIII B, dan VIII C dengan masing-asing kelas melakukan 5 kali pertemuan dalam seminggu. Setelah pertemuan selesai diadakan tes untuk BAB 1 materi aljabar dengan hasil siswa memperoleh nilai tertinggi 85 terendah 15. Hasil kemudian dianalisis menggunakan program anbuso untuk mengetahui daya beda, tingkat kesukaran, dan soal yang baik atau soal yang perlu direvisi. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih satu bulan di SMP N 2 Tempel, mahasiswa belajar berbagai hal dan banyak pengalaman yang mahasiswa dapatkan. Pengalaman tersebut adalah bagaimana cara menjadi guru yang baik, ketrampilan dalam mengajar dan rasa tanggung jawab. Pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar dengan beberapa kendala yang dapat diatasi oleh mahasiswa dengan bimbingan guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item